Ciri-ciri Umroh Bohong yang harus anda Waspadai
Seperti yang sudah banyak terjadi, adany biro umroh dan travel abal-abal seakan menjadi hal yang biasa di Indonesia. Sebagai calon jamaah umroh, tentu anda tidak ingin uang yang akan anda gunakan untuk pergi ke tanah suci dengan niat beribadah justru disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk dapat menghindari travel umroh nakal seperti ini, anda tentunya perlu tahu ciri-ciri umroh bohong.
Beberapa ciri biro umroh bohong dapat anda lihat dengan nyata karena memang reputasinya yang sudah terkenal jelek atau terangkut banyak kasus umroh fiktif. Namun, di luar sana masih banyak sekali biro umroh yang masih beroprasi padahal memiliki kinerja yang buruk dan berpeluang menjadi biro umroh nakal yang tidak bertanggung jawab.
Ciri-ciri umroh bohong
  • Sering Menawarkan Harga yang Murah di Luar Kewajaran
Ciri ciri ini tidak mutlak, namun dapat anda jadikan sebagai referensi dalam memilih agen atau biro umroh yang terpercaya. Meskipun memang terkadang harga yang murah tidak berarti bahwa biro perjalanan tersebut termasuk biro perjalanan umroh bodong, namun jika mereka menawarkan harga untuk biaya perjalanan yang jauh lebih murah dibanding dengan paket umrah dengan harga normal, Anda patutnya mempertanyakannya dan berhati-hati. 
Biasanya selisih harga yang sering ditawarkan oleh sebuah biro umroh bodong berkisar antara 7 sampai 12 juta dengan iming-iming kuota terbatas atau sedang dalam masa promo. Padahal biaya umroh yang wajar tentunya jauh dari harga tersebut. Jika dihitung secara kasar, harga tersebut tidak masuk akal sebab harga tiket pesawat untuk menuju ke arab saudi saja berada di kisaran 12 jutaan. 
  • Tidak Memiliki Kantor Resmi
Pastikan untuk mengecek terlebih dahulu apakah ada tempat atau kantor offline dari perusahaan yang menawarkan jasa layanan umroh tersebut. Jika anda sudah mendapatkan alamat kantor offlinenya, ada baiknya anda datang langsung ke lokasi untuk mengecek apakah alamat tersebut memang sesuai dan bangunan tersebut benar-benar milik perusahaan tersebut lengkap dengan surat izinnya. 
Jangan sampai Anda langsung percaya dengan biro perjalanan umroh yang serba tidak jelas informasi administratifnya yang bahkan tidak memiliki sebuah gedung atau kantor resmi tersendiri. Tak dapat dipungkiri bahwa sekarang ini memang lebih tren untuk melakukan pendaftaran melalui jalur online, namun alangkah baiknya Anda juga melakukan cek ulang di kantor resmi dari biro perjalanan umrah yang Anda pilih. 
Selain itu, ada baiknya bagi anda untuk menghindari pembayaran yang dilakukan melalui jalur transfer sebagai salah satu ciri-ciri umroh bohong.
  • Tidak Memiliki Website Resmi
Sebagai pengetahuan dasar bagi anda dalam menentukan pilihan biro travel, setiap biro perjalanan atau travel yang resmi biasanya memiliki website yang dikelola dengan profesional dan juga terdaftar serta dapat kita akses dengan mudah di laman pencarian. 
Sekali lagi hal ini mungkin bukan satu-satunya yang jadi pertimbangan, namun untuk mengurangi resiko penipuan anda perlu mempertimbangkan segala aspek. Maka itu, jika Anda mendapatkan penawaran paket travel atau umrah dari biro perjalanan yang bahkan tidak memiliki website, ada baiknya menimbang lagi atau mencari tahu lebih lanjut terkait dengan informasi biro travel tersebut.
  • Bayar di Muka Dan Dijanjikan Berangkat di Waktu Tertentu
Jika anda menemukan ada biro umrah yang memberi syarat untuk melakukan pembayaran di awal atau melakukan biaya uang muka dengan jumlah yang cukup besar sebagai uang muka dan anda dijanjikan akan diberangkatkan pada waktu tertentu seperti tahun depan, atau beberapa tahun kemudian maka anda harus berhati-hati. Karena ibadah umrah dapat dilakukan pada bulan apa saja selain musim haji.