Bagaimana Mewujudkan Umroh Cerdas?

Umroh menjadi salah satu hal yang di idamkan oleh umat muslim di seluruh dunia. Ibadah sunnah di tanah suci ini merupakan salah satu bentuk ibadah yang paling tren di kalangan masyarakat Indonesia. Tak heran karena jika harus melaksanakan haji, para jamaah akan menunggu terlalu lama hingga 10 tahun lebih agar dapat berangkat ke tanah suci, sehingga umroh cerdasmenjadi salah satu solusi.
Untuk para calon jamaah umroh yang baru pertama kali melaksanakan ibadah umroh, tentu ingin menjadikan perjalanan religious kali ini berkesan dan dapat membawa manfaat untuk jiwa spiritualnya. Sehingga perlu bagi para jamaah mengetahui bagaimana caranya agar dapat mewujudkan umroh yang cerdas di tanah suci. Beberapa langkah yang dapat anda tempuh untuk mewujudkan umroh dengan cerdas adalah:
Langkah-langkah Umroh cerdas
  • Melakukan perencanaan mendetail
Pergi ketanah suci tentu bukan dengan tangan kosong. Anda tidak bisa langsung pergi ke tanah suci tanpa melakukan perencanaan keperluan selama melaksanakan ibadah umroh. Apalagi, di tanah suci anda bukan hanya beribadah melainkan juga menjalani kehidupan seperti pada hari biasa. Sehingga persiapan yang diperlukan bukan hanya alat ibadah atau perlengkapan sholat semata.
Ada banyak hal yang perlu anda persiapkan seperti keperluan mandi, makan, tidur, hingga keperluan personal lainnya. Belum lagi jika anda memiliki kebutuhan khusus yang tidak dapat disediakan oleh biro travel yang anda gunakan.
Tidak hanya keperluan sehari-hari namun anda perlu juga mempersiapkan keperluan lain seperti ongkos atau uang saku yang akan anda gunakan untuk berbelanja selama di tanah suci. Persiapan dana tentu bukan hal yang sepele. Anda perlu mempersiapkannya dengan matang agar tidak terjadi kebocoran dana selama di tanah suci.
Yang tak kalah penting adalah perencaan terkait kesehatan fisik dan persiapan khusus seperti menghafal rangkaian ibadah di tanah suci. Segala aspek memang perlu diperhitungkan matang-matang agar anda tidak kerepotan di tanah suci dan dapat mewujudkan umroh cerdas.
  • Pemilihan biro travel dan umroh dengan teliti
Bukan hal baru lagi jika kini banyak biro travel yang abal-abal dan tidak bertanggung jawab. Meskipun begitu, anda tetap dapat menemukan biro travel dan umroh yang terpercaya. Hal inilah yang membutuhkan ketelitian dan juga keuletan anda sebagai calon jamaah umroh. Pastikan biro yang anda pilih memiliki reputasi yang baik dan sudah pernah memberangkatkan jamaah umroh.
Untuk dapat mengetahui bagaimana kualitas sebuah biro travel dan umroh, ada baiknya anda mencari tahu lewat referensi yang terpercaya, seperti testimony orang yang sudah lebih dulu menggunakan biro travel dan umroh tersebut. Perlu anda ingat bahwa pemilihan biro umroh yang anda lakukan akan berpengaruh pada kualitas ibadah anda selama berada di tanah suci nantinya.
  • Meluruskan niat untuk beribadah
Setelah anda melakukan semua persiapan dengan matang, anda harus kembali mengingat bahwa umroh yang anda jalani merupakan sebuah rangkaian ibadah yang tidak dapat dilepaskan dari niat tulus dari hati. Untuk itu, ada baiknya anda meluruskan niat jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan tiba. Dalam hal meluruskan niat, anda harus kembali ke tujuan awal mengapa anda memilih untuk melaksanakan ibadah umroh.
Meluruskan niat ini dapat ditempuh dengan cara menenangkan diri dari euphoria keberangkatan umroh. Anda juga bisa mengambil waktu sendiri untuk sementara waktu sebelum berangkat ke tanah suci.